Pentingnya Survei Pasar

Survei pasar sangat menentukan untuk keberhasilan suatu produk perusahaan diterima di masyarakat atau tidak.



Sudianto Oei  telah membuktikan bagaimana ia berhasil membangun perusahaannnya yang di beri nama HYPERNET yaitu sebuah Internet Service Provider (ISP) dengan servis yang dapat dipercaya dibarengi dengan visi untuk terus maju dan berkembang memuaskan pelanggannya. 

Menciptakan suatu barang atau jasa tidak serta-merta langsung bisa diterima dan mendapat sambutan baik dari para calon konsumen. Keberhasilannya tersebut harus melalui proses dari perjuangannya untuk berusaha memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Berbagai macam cara dilakukan untuk mencapai kesuksesan dikenal, diterima kemudian dipakai oleh konsumen. 

Salah satu hal penting yang dilakukan oleh pengusaha muda ini adalah ia bergerak sesuai kebutuhan pasar. Maksudnya adalah perusahaan harus mengetahui terlebih dahulu keterangan yang benar dan nyata kebutuhan masyarakat terhadap produk yang akan dipasarkan. Untuk memperoleh data tersebut harus melalui tahap mengadakan survei pasar terlebih dahulu  yaitu dengan cara melakukan beberapa tahapan penelitian sesuai kebutuhan di lapangan. Sebagai ilustrisasi jika ingin mengembangkan ide yang dimiliki maka dibutuhkan data yang mendekati keadaan sesungguhnya. Jika tidak memiliki data yang mendukung mengenai kebutuhan masyarakat sekitar terhadap barang atau jasa yang akan dipasarkan, maka berakibat impian tersebut sulit untuk terealisasi dengan baik bahkan akibat terparah mengalami kebangkrutan. Walaupun akhirnya terelaisasi tetapi tidak  mencapai hasil maksimal yang dinginkan.

Sudianto Oei mengawali bisnis ini dengan membuka jaringan pertama di kota Bogor dengan alasan belum banyak pesaing untuk usaha tersebut seperti di Jakarta.  Letak strategis kota Bogor dan Jakarta menjadi hal yang sangat menguntungkan. Masyarakat Bogor menyambut baik adanya jaringan internet ini, tetapi akhirnya ia harus mengalami kendala perizinan serta masyarakat setempat. Tidak berhenti hanya sampai di situ kemudian ia beralih ke Cibinong. Di tempat yang baru ini ia tidak mengalami masalah perizinan dengan menggandeng masyarakat sekitarnya untuk terlibat, tetapi perusahaannya tidak mengalami kemajuan sesuai yang diinginkan. 

Pernah menjadi salah satu mahasiswa Perguruan Tinggi  BINUS membuat ia berpikir untuk menawarkan kerjasama kepada almamaternya karena banyaknya jumlah mahasiswa yang belajar dan tinggal di sekitar kampus. Pernah menjadi mahasiswa pasti ia mengetahui kebutuhan utama para pelajar adalah sebuah jaringan internet yang memiliki akses cepat tanpa hambatan. Layanan internet dengan kualitas yang baik sangat dibutuhkan untuk menyelesaikann tugas-tugas sebagai mahasiswa. Letak dan suasana di lingkungan universitas sangat menunjang idenya. Tawaran kerjasama ini disambut baik oleh pihak perguruan tinggi. Dari sinilah usahanya mulai membuahkan hasil hingga menjadi besar serta sukses seperti saat ini.

Mengantongi ijin tidak berarti membuat bisnis seseorang berhasil jika tidak ditunjang data di lapangan. Survei pasar akan memperlihatkan di mana bisnis tersebut bisa bergerak sesuai kebutuhan pasar. Dengan mengetahui kebutuhan masyarakat maka keberhasilan tidak akan sulit untuk diraih karena sudah mengantongi informasi yang benar dan nyata.


Ike Nereng




CONVERSATION