Rahasia Sukses di Semua Bidang Pekerjaan

Sebuah keahlian yang harus dimiliki setiap orang  jika mereka ingin sukses menjalani karirnya.

Semua responden yang saya berikan pertanyaan: “Apa pekerjaan yang tidak Anda sukai?” hampir semua dari mereka menjawab bahwa pekerjaan sebagai sales atau penjual yang paling tidak mereka senangi. Malah mereka cenderung sangat anti-pati pada pekerjaan menjual.  Alasan ketidaksukaan mereka adalah harus menawarkan sesuatu barang kepada orang lain, ketakutan untuk di tolak, orang membeli dengan terpaksa karena kasihan serta  masih banyak alasan lain sehingga membuat orang menghindar untuk duduk dalam jabatan sebagai pedagang.

Vanya Sunanto, VP of Sales dari Touchpoint memiliki tanggung jawab yang besar untuk memperkenalkan produk perusahaannya agar dapat diterima di masyarakat luas. Saat ini begitu banyak produk yang menyerupai Touchpoint, tetapi wanita yang memiliki latar belakang pendidikan komunikasi masa ini merasa yakin bahwa produk yang ditawarkan kepada para kliennya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh produk sejenis di Indonesia. Saat ini ia sudah membuktikan bahwa ia mampu melewati  tantangan yang dihadapinya ketika menjalankan jabatan sales tersebut. Beberapa klien yang sudah ia tangani antara lain: Unilever Group (Sunsilk, Clear, Dove, dll.), P&G (Olay, SKII, dll), Estee Lauder, Clinique, L’Oreal, Lancome, Banana Republic, Acer, Samsung, Nokia, hingga Mizone. Keyakinan akan barang yang akan kita tawarkan adalah hal yang sangat penting, karena berbekal kepercayaan akan barang tersebut sudah merupakan sebuah modal untuk berani melangkah ke tahap berikutnya yaitu menjual.

Keahlian Menjual

Tahukah Anda bahwa semua orang yang sukses setiap hari menjual.  Seseorang yang berhasil di karirnya karena mereka memiliki kemampuan untuk membujuk, mempengaruhi, dan berunding secara halus serta pandai berdiplomatis. Semua hal tersebut disebut keahlian menjual. 

Contohnya pekerjaan seorang insinyur dia harus meyakinkan atasannya untuk menerima proposal pekerjaannya agar dapat dilaksanakan, dengan memberikan keyakinan kelebihan atau kekurangan jika tidak menjalankan hal yang dianjurkan dalam rancangan kerja tersebut. Demikian juga seorang penulis sekalipun ia harus memastikan kepada penerbit bahwa ide yang diajukannya adalah sangat menarik dan uptodate , serta berusaha dengan menyampaikan secara halus namun pasti untuk memenangkan konsep tersebut. 

Jadi pada dasarnya keahlian menjual harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin sukses.
Tanpa melihat apa pekerjaan Anda saat ini, semua yang kita lakukan adalah menjual atau melakukan pekerjaan sebagai penjual. Saya yakin keahlian menjual telah dimiliki dan dipraktekan Vanya dalam menjalankan jabatannya untuk maju dan berkarya hinga menjadi berhasil seperti sekarang ini.




CONVERSATION