Kunci Kesuksesan Suatu Produk


Banyak orang tergila-gila dengan game online, hingga rela menggesek uang melalui kartu kredit untuk memperoleh booster atau penguat agar bisa mempercepat permainan. Dari anak balita hingga dewasa semua menyukai  permainan melalui dunia maya ini. Hanya melalui perangkat pintar seperti komputer, telepon genggam dan sejenisnya kita bisa mengakses game apa saja yang kita ingini dari sekian banyak yang ditawarkan.  

Kita mungkin masih ingat game yang paling lama adalah mr. Pacman,Tetris, fruit ninja, candy crush yang sangat digemari kemudian yang mendadak meledak di dunia maya Flappy Bird hingga penciptanya memutuskan untuk menarik game ini dari peredaran dengan alasan pribadi serta masih banyak lagi game baru yang bermunculan. Ternyata permainan ini tidak hanya membuat orang tertarik untuk bermain tetapi juga membuat sekelompok anak muda merasa ditantang untuk menciptakan game buatan anak bangsa sendiri. Salah satu diantara anak muda tersebut adalah Panji Prakoso, pemuda yang merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual ITB, bersama teman-temannya mereka membentuk suatu perusahaan yang bernama Tinker Games yang bergerak di bidang bisnis digital game.  Perusahaan tersebut berkedudukan   dari Bandung , Panji merupakan  salah satu motor penggeraknya. Tentu kita harus bangga dengan fenomena ini, bagaiman para pemuda ini bisa menjadi pendorong bermunculan bakat-bakat baru dibidang ini.

Pasar game digital dan online di Indonesia kini berkembang dengan cepat disusul dengan semakin banyaknya pesaing dari luar negeri membuat mereka harus memiliki sesuatu yang membedakan dengan produk luar negeri. Bisnis dalam bentuk apapun tetap ada pesaingnya, justru persaingan tersebut yang membuat para pelaku bisnis merasa tertantang untuk tampil menjadi yang terbaik. Kurangnya tenaga kerja professional yang mengerti tentang pekerjaan ini tidak menyurutkan langkah mereka, bersama Tinker Games menciptakan banyak games yang sekarang sudah beredar di pasaran. Permainan yang telah mereka ciptakan cukup banyak antara lain: SOCCER GIRL adventure, Pig Rider, BACKYARD MADNESS, Paws: Cat attack, Dragon dungeon, INheritage dan Steam fortes yang dapat kita lihat di website Tinker Games tinkerworlds.com.

Games mereka tampil dengan karakternya khusus yang merupakan ciptaan sendiri, di dukung dengan alur cerita yang menarik dan menantang membuat suatu perbedaan. Ciri khas itulah yang harus kita temukan sebagi pelaku bisnis karena perbedaan tersebutlah yang membuat produk kita dikenal konsumen.

Ike Nereng







CONVERSATION