Trik Menjadi Sales Yang Produktif

Jabatan sales merupakan jabatan yang menantang. Kita akan mampu melewati hambatan tersebut jika mengetahui trik jitu dalam menjalankan pekerjaan ini.

Sebenarnya setiap jenis pekerjaan selalu ada unsur menjual sesuatu. Apakah itu berbentuk sebuah barang yang dijual ataukah jasa yang ditawarkan.Vanya Sunanto adalah seseorang yang cukup berpengalaman dalam dunia sales. Menjadi seorang penjual membutuhkan pengalaman dalam menjalankan jabatan ini, hal itu yang tidak ia miliki sebelumnya. Dengan berbekal kemampuannya berkomunikasi  serta sesuai dengan latar belakang kelulusannya sebagai seorang  Sarjana Komunikasi, wanita ini merasa yakin bahwa ia mampu untuk menjalankan jabatan tersebut. Ia telah terjun sebagai sales 4 tahun belakangan ini dan semakin menikmati pekerjaannya.

Sering orang beranggapan  bahwa jabatan sales adalah kedudukan yang tidak penting dalam sebuah perusahaan. Sehingga sering perusahaan merekrut orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan cukup dalam bidang ini. Kemudian mereka menaruh posisi tersebut di tingkat yang terendah dalam struktur jabatan dalam perusahaan. Bahkan kadang penjual bukan bagian langsung dari perusahaan tetapi hanya sistim kontrak sementara. Hal ini semua merupakan suatu kesalahan besar dalam sebuah perusahaan, jika mereka menaruh seseorang yang tidak mampu menjalankan posisinya tersebut. Jabatan sales sendiri biasanya mendapat honorarium berdasarkan berapa produk yang mampu ia jual pada setiap bulan atau setiap tahunnya, maka bonus akan ditentukan dari situ. Sehingga akhirnya sales hanya berkutat pada berapa banyak kemampuan ia menjual setiap periode yang ditentukan tanpa memperdulikan kemampuan komunikasi dalam memasarkan barang tersebut demikian juga dengan perusahaan. Maka akan berakibat tidak maksimal dalam pencapaian si sales sendiri dan perusahaan.

Vanya biasa ia dipanggil, saat ini telah menjabat posisi VP of Sales dari Touchpoint  memiliki kemantapan, bahwa akan mampu menjalankan jabatannya sebagai sales yang dapat diperhitungkan dengan memegang keyakinan penuh akan produk yang ditawarkan serta pada perusaahaan. Kedua hal ini  adalah salah satu faktor yang menentukan kesuksesannya.  Jika kita tidak yakin akan produk yang akan dijual, Bagaimana mungkin kita meyakinkan pembeli. Demikian juga jika tidak yakin akan perusahaan, bagaimana kita yakin barang yang akan dijual. 

Saat ini salah satu tanggungjawab terbesarnya adalah memperkenalkan Touchpoint sebagai sebuah produk yang dapat menjadi solusi lengkap, memastikan penjualan produk tersebut dan menjaga hubungan baik dengan seluruh pelanggannya. Kemampuan berkomunikasi yang dimiliki oleh wanita energik ini juga diperoleh dari pengalamannya bekerja di Female Daily.  Saat ini tengah melanjutkan studinya di IPMI International Business School untuk memperoleh gelar MBA tujuannya untuk membuat perubahan dalam dirinya serta menambah pengetahuan dengan rajin membaca berbagai macam buku, menghadiri seminar bahkan menjadi pembicara.


Menjalankan sebuah pekerjaan kita harus mencintai pekerjaan tersebut dan mengenal jenis pekerjaan  apa yang kita jalankan serta mengetahui apa tanggung jawabnya. Sehingga ketika Anda sudah memahami itu semua akan memudahkan untuk menjalankannya dan berhasil meraih apa yang diimpikan.

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment