10 Generasi Indonesia yang Berprestasi di Panggung Internasional


Berjalan di sebuah negeri asing, kadang kita sering bertanya “Ada orang Indonesia ngga ya di negeri ini?” Negeri yang sangat asing sekalipun kadang saya kerap berpikir tidak menemukan orang Indonesia. Demikian juga ketika saya belibur di atas kapal pesiar Amerika bernama "Royal Caribbean Cruise", sebuah kapal yang terkenal dengan tampilan dan pelayaanan melebihi hotel berbintang 5. Lagi-lagi saya salah selalu ada orang Indonesia, meskipun jabatannya kadang hanya seorang pelayan, tetapi bagi saya tetap salut dengan keberanian mereka.

Orang Indonesia umumnya memiliki karakter yang baik di mata orang asing karena keramaha-tamahan serta sifat rendah hatinya yang membedakan dari bangsa lain. Kecintaan terhadap tanah air cukup terlihat dengan seringnya warga negara Indonesia mengadakan pertunjukan untuk memperkenalkan kekayaan budaya bangsa Indonesia. Jadi jangan heran jika kita menemukan generasi Indonesia yang kiprahnya diakui di dunia Internasional. Dari sekian banyak nama terpilih 10 nama yang menduduki peringkat atas orang-orang yang memiliki pengaruh baik dalam maupun luar negeri. 

Siapakah mereka dan apa saja prestasi yang paling menonjol :

1.      Bacharuddin Jusuf Habibie

Atau dikenal dengan nama B.J. Habibie, ia merupakan orang Indoinesia yang sangat berpengaruh di dunia Internasional dan Nasional dengan kepintaran yang dimilikinya terutama dalam bidang pesawat terbang. Sekian banyak prestasi yang ia miliki di dunia internasional yaitu menjadi Presiden Ke-3 Indonesia yang banyak membawa perubahan bagi tanah air. Saat ini pendapatnya tetap menjadi teladan bagi rakyat serta  pemerintah Indonesia.

2.      Anggun Cipta Sasmi
Suatu hari tanpa sengaja ketika sedang berada di Roma, Italy dalam rangka liburan, saya mendengar penyanyi wanita yang memiliki suara cukup familiar di kuping ini. Saat itu saya kurang yakin tetapi ketika sang supir ikuti menyanyikan lagu tersebut baru jelas bahwa lagu yang berjudul “Snow on the Sahara” dibawakan oleh penyanyi asal Indonesia yaitu Anggun C. Sasmi. Album internasionalnya itu telah terjual lebih dari 12 juta kopi di berbagai negara. Sangat mengagumkan sekali. Hingga saat ini ia tetap berkarya di dunia Internasional dan di negeri tempat ia dilahirkan yaitu Indonesia. Salah satunya menjadi juri dalam ajang pencarian bakat di tanah air.

3.      Dino Patti Djalal
Pernah menjadi Duta Besar Indonesia di Amerika Serikat dengan membuat sebuah terobosan tentang kebijakan yang membangkitkan kembali reputasi Indonesia di mata dunia internasional melalui dialog keamanan antara Amerika dan Indonesia. Hal ini mendudukkan negara Indonesia sejajar dengan negara adidaya ini dalam masalah keamanan dunia. Keinginannya yang utama adalah mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia agar jangan sampai mengalami perpecahan karena keanekaragaman yang dimilikinya.

4.      Wempy Dyocta Koto
Pemuda yang satu ini kiprahnya di dunia Internasional sudah sangat diakui demikian juga di Indonesia. Sangat mencintai tanah air tempat di mana ia berasal, sehingga memiliki keinginan kuat untuk berkarya bagi bangsa dan negaranya. Meskipun sudah cukup lama hidup dan bekerja di luar negeri tidak membuat hatinya tertutup untuk memikirkan nasib rakyat dan dunia industri di tanah airnya. Bidang yang ditekuninya adalah memperkenalkan merek Indonesia agar dapat bersaing di pasar internasional. Jabatan yang dipegang saat ini adalah CEO dari Wardour and Oxford, dan Venture Capitalist di Systec Group.

Wempy juga termasuk dalam daftar CEO paling sosial sedunia di urutan 120,  yang berasal dari Indonesia , penghargaan yang diberikan oleh agensi komunikasi “Strategic Objective” bersama dengan CEO lain seperti Oprah Winfrey, Richard Branson, Donald J. Trump, Rupert Murdoch, Warren Buffett, Tony Fernandes dan Marissa Mayer. Masih banyak prestasi, jabatan serta keikusertaan Wempy sebagai juri di berbagai even baik dalam maupun luar negeri.

5.      Gita Wirjawan
Lulusan S-2 Harvard tahun 2000 sangat terkenal dengan kariernya di dunia perbankan dan penanaman modal serta pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia di tahun 2011. Memiliki sekian banyak jabatan dan prestasi, ternyata ia adalah seorang anak yang sangat patuh serta memiliki hubungan yang sangat dekat dengan ibunya. Restu dari ibunya telah  banyak membawa kesuksesan  dalam karir dan kehidupan keluarganya.

6.      Nadya Hutagalung
Perempuan berdarah campuran Australia dan Batak-Indonesia ini, pernah menjadi salah satu host MTA Asia yang mengudara dari Singapura di tahun 1995. Hampir semua anak Indonesia sangat mengidolakan penampilan cantik dan bersahaja wanita ini. Nadya juga berprofesi di dunia internasional sebagai model serta pengusaha yang  tidak lupa mendukung kampanye  go green karena kecintaannya terhadap lingkungan hidup.

7.      Imam Shamsi Ali
Istilah Interfaith sangat melekat pada Imam Shamsi Ali yaitu kerjasama dan toleransi antar umat beragama. Kemampuannya menguasai  bahasa Urdu, Inggris, dan Arab membuat ia mudah menjalin komunikasi di semua kalangan masyarakat yang memiliki keanekaragaman latar belakang terutama agama.

Imam Shamsi menjadi seorang muslim pertama yang dianugerahi penghargaan Ellis Island Medals of Honor, yakni penghargaan tertinggi dari pemerintah Amerika Serikat bagi para imigran suatu medali kehormatan untuk merayakan keragaman kehidupan di Amerika.  Ia dinilai telah memberikan sumbangsih yang  besar terhadap negara Amerika. Masih banyak lagi penghargaan yang diterima, hal ini memberikan dampak positif  bagi umat muslim khususnya bangsa dan negara Indonesia di mata Internasional.

8.      Atika Shubert
Seorang jurnalis CNN asal Indonesia yang memiliki prestasi di bidang peliputan berita. Memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik membawa dirinya menjadi seseorang reporter atau jurnalis yang patut diacungkan jempol. Prestasinya antara lain menjadi salah satu koresponden pertama untuk CNN saat musibah tsunami di Aceh, berhasil meliput sejumlah peristiwa kontroversial di dunia, seperti kasus bom Bali, skandal penyadapan telepon yang melibatkan raja media dunia Rupert Murdoch, konflik di kawasan Gaza, kasus uji coba senjata nuklir di Irak dan Korea Selatan, serta mewawancarai Julian Assange, pendiri Wo ikileaks yang telah membocorkan dokumen rahasia negara Amerika.

Karir jurnalis Atika bukan hanya di negara Amerika tetapi juga berpindah ke Jepang dan saat ini di London untuk melaporkan berita seputar Amerika dan Eropa.

9.      Irfan Bachdim
Pemuda ini telah membawa pengaruh besar dalam dunia sepak bola di Indonesia. Kemunculannya di tahun 2010 membuat olah raga sepak bola menjadi digemari oleh masyarakat Indonesia. Prestasinya di bidang olah raga diawali dengan ketekunannya sejak kecil untuk mengasah bakat yang dimilikinya, sehinga telah  membawa dirinya berkarya hingga ke luar negeri. Meskipun saat ini Irfan berlaga di lapangan bukan untuk tim Indonesia tetapi dengan prestasi yang ia peroleh tetap memberi nama harum tanah air, karena ia tetap adalah salah satu putra terbaik Indonesia.

10.  Dougie Mandagi
Pemuda asal Menado ini adalah seorang musis terkenal di Australia. Keahliannya bermain music telah banyak membawa prestasi. Bersama grup musiknya yang bernama  The Temper Trap yang didirikan pada tahun 2005, berhasil memperoleh sejumlah prestasi di tingkat dunia antara lain: Grup Musik Terbaik dari ARIA Music Award, Song of The Year dari APRA Music Award, dan yang paling mengagumkan lagu-lagu yang dibawakannya telah menjadi terkenal serta menduduki ranking pertama di sejumlah negara. Lagunya yang berjudul Sweet Disposition menjadi soundtrack film Hollywood 500 Days of Summer.
Meskipun sudah berprestasi di luar negeri, ia tetap bangga akan negerinya Indonesia dengan tetap menganggap bahasa Indonesia sebagai bahasa pertamnya. Keren sekali bukan!

Inilah 10 generasi Indonesia yang telah mengukirkan nama dan prestasinya, bukan hanya di negeri sendiri tetapi juga di dunia Internasional. Semoga dengan informasi ini semakin banyak orang Indonesia terutama anak muda menjadi terinspirasi dengan segala kelebihan yang tokoh ini miliki. Semakin banyak anak muda yang berbakat di bidangnya, maka Indonesia akan menjadi negara yang maju dan disegani di dunia bukan hanya kekayaan alam yang dimilki tetapi generasi bangsa yang dapat diandalkan untuk kemajuan bangsa dan negaranya.


Ike Nereng






CONVERSATION