Menulis Bebas

Apa itu menulis bebas? Menulis bebas adalah suatu kegiatan yang mengajak kita untuk berlatih menulis tanpa tekanan apa pun. Tanpa tekanan alias bebas untuk menentukan apa yang akan kita tulis dan ingin sampaikan dalam tulisan tersebut.

google
Kegiatan menulis bagi banyak pemula bukan lah hal yang mudah. Jangankan menulis sebuah paragraf atau karangan, terkadang menulis sebuah kalimat sangat sulit bagi beberapa, bahkan banyak orang. Sehingga kegiatan menulis sering dianggap pelajaran yang membosankan terutama bagi pemula, karena tekanan yang ditimbulkan. Kegiatan diawali dengan keharusan memilih topik atau tema, kemudian sebaiknya diikuti dengan membuat kerangka karangan sebelum mulai menulis. Tahapan ini sering membuat seseorang bisa berhenti karena kebingungan bahkan mengalami kesulitan dalam memilih topik yang akan ditulis. Jangan khawatir, Anda tidak sendiri karena saya dan lainnya pernah mengalami hal seperti ini bahkan kadang-kadang hingga saat ini yaitu berhenti karena kesulitan menemukan topik atau tema yang pas untuk ditulis.

Untuk memudahkan memulai kegiatan menulis, saya sarankan untuk: 
  1. pilihlah topik yang mudah, terutama bagi pemula. Misalnya topik yang ada di sekitar kita yang berhubungan dengan pengalaman diri sendiri, kota tempat kita tinggal, liburan, keluarga, cinta dan seterusnya, yang menurut pandangan Anda mudah untuk diuraikan dalam sebuah paragraf kalimat. 
  2. kemudian berlanjut menyusunnya dalam kerangka karangan atau dikenal fish bond yang berisi hal-hal apa saja yang berhubungan dengan topik yang akan dibahas tersebut. 
untuk memulai melatih menulis bebas, saya sarankan cukup lakukan dua hal ini dulu.

Saat menulis berusahalah untuk fokus kepada tema usahakan jangan melenceng. Jika timbul keinginan melenceng segerah lah kembali kepada topik yang ingin ditulis. Anda tidak perlu membaca untuk mengecek setiap kalimat yang telah di tulis berulang-ulang, yang terpenting terus menulis dan menulis. Jangan berhenti apabila tanpa disengaja Anda menemukan ada kalimat yang kurang benar. Terkadang godaan ingin membenarkan sebuah kalimat sering mengakibatkan kita melebar dengan keinginan merubah semuanya, yang harus dilakukan berhenti lah untuk mengecek dan terus menulis hingga titik atau kalimat akhir.

Setelah selesai barulah Anda disarankan untuk membaca dan bila perlu membenarkan sesuai dengan topik awal yang ingin Anda sampaikan kepada para pembaca. Kegiatan ini bisa diikuti dengan pembenaran tanda baca seperti titik, koma, tanda tanya-seru dan tanda baca lainnya.

Lakukan kegiatan ini sesering mungkin, minimal dua kali seminggu. Semakin sering berlatih atau rutin melakukan aktivitas ini, maka hasil tulisan akan semakin bagus dan efek positifnya terbiasa dengan kegiatan ini. Bonusnya akan timbal perasaan bila tidak menulis satu hari saja ada yang kurang.




#bersambung





CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment