Kunjungan ke Burgdorf, Jerman Setelah Karantina

Kota Burgdorf masih terlihat cukup sepi ketika kami berkunjung pada hari kerja kemarin.


Beberapa toko dan perkantoran di sekitar pusat kota atau city centre mereka menyebutnya, masih tutup. Hanya beberapa restauran yang sudah terlihat ada pengunjungnya, bahkan cukup ramai namun masih tetap menjaga jarak satu dengan lainnya.

Jerman juga mengalami banyak perubahan dalam situasi kotanya, karena pandemi covid-19 ini, meskipun jumlah orang yang terjangkit oleh virus ini sudah semakin menurun grafiknya bahkan cenderung tidak ditemukan lagi infeksi baru di beberapa kota di Jerman. Karantina mulai dibuka perlahan-lahan, namun protokol bagaimana harus menangani penyebaran virus ini masih berlaku ketat. Masyarakat cenderung cukup sadar bahwa efek dari pandemi ini akan berakibat tidak baik bagi perekonomian secara umum karena harus terkurung di rumah tidak bisa bekerja secara normal, tanpa ada kepastian kapan virus ini dapat diatasi dengan cara yang benar-benar dan ampuh.

Pemerintah sendiri cukup berupaya keras mencegah penyebaran virus ini dengan tetap memberikan pengawasan ketat terhadap kegiatan masayarakat terutama yang berskala besar, masih dibatasi. Kehadiran dan kerja nyata pemerintah untuk menangani corona ini, serta banyakanya masyarakat yang cukup sadar akan efek dari virus ini membuat mereka mau bekerja sama untuk keluar dari situasi ini dengan mematuhi peraturan dan protokol kesehatan yang berlaku.



Ketika kemarin berjalan di seputar city centre masyarakat yang saya jumpai hampir semua menggunakan masker, tidak terkecuali anak balita sekalipun. Jika dulu banyak orang terlihat tidak biasa melihat seseorang dengan masker wajah, sekarang sudah terbiasa bahkan menjadi pemandangan aneh jika ada yang berani tidak menggunakannya. Kota kecil meskipun tampak sepi namun telah terlihat bahwa denyut nadi  perekonomiannya mulai ada, meskipun pengunjung tidak sebanyak pengunjung restauran dan supermarket. Beberapa restauran, mereka juga tetap melakukan pencatatan setiap pengunjung yang datang sehingga memudahkan melacak jika ditemukan infeksi baru akibat berkunjung dari tempat tersebut.

Semoga tidak lama lagi pandemi segera berakhir, sehingga kehidupan menjadi kembali normal dengan cara hidup yang baru, lebih mengutamakan kebersihan dan ikut menjaga keselamatan setiap orang yang menjadi bagian sebuah tempat kehidupan seperti: desa, kota, negara atau apapun sebutannya agar tidak ada yang menjadi korban virus corona ini lagi.



Kepatuhan adalah kunci sukses untuk keluar dari sebuah masalah besar secara bersama-sama.





CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment