Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tulang Rusuk Patah

Tulang rusuk patah tidak perlu khawatir.


Google

Pasti yang baru mengalami tulang rusuk patah, akan merasa sangat khawatir. Itu yang Penulis alami. Pertanyaan bermunculan: apakah sungguh patah? jika tidak, mengapa ketika menarik napas terasa sekali sakitnya tulang dibagian rusuk. Apa yang harus dilakukan, pertama kali jika mengalami hal ini? Banyak pertanyaan bermunculan di kepala.

Untuk menjawab apakah tulang Anda sungguh-sungguh patah, maka sebaiknya melakukan rontgen atau X-ray pada bagian dada untuk meyakinkan. Tapi dokter di Jerman tempat dimana Penulis menetap,  justru memberikan pilihan - mau melakukan ataupun tidak, semuanya terserah kepada si Pasien. Seandainya patah sekali pun, tidak ada yang bias dilakukan, kecuali hanya bersabar menunggu sakit hilang dan berangsur sembuh dengan sendirinya, itu penjelasan dokter.  Akhirnya Penulis memutuskan untuk tidak melakukannya, karena alasan lain menghindar tubuh terpapar oleh sinar X-ray dan memilih bersabar merawat sendiri.


Pic from Google

Tips penting bila  terindikasi Tulang Rusuk patah:

  1. Mengenal rasa sakit yang timbul setelah kecelakaan terjadi. Biasanya rasa sakit terasa pada bagian sekitar dada atau tempat yang terkena pukulan  atau dari mana suara patah terdengar. ingat tidak semua patah menimbulkan memar yang terlihat dipermukaan kulit.
  2. Tarik nafas panjang melalui hidung, tahan dan hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan beberapa kali saat pertama kali kejadian dan lakukan setiap hari. Hal ini baik dilakukan untuk memberikan oksigen masuk ke bagian dalam tubuh dan paru-paru, sehingga bagian yang patah atau sakit akan mengalami penyembuhan secara perlahan-lahan. Gerakan menarik nafas memberikan urutan pada bagian yang cedera atau yang terasa sakit tersebut.
  3. Minum obat penahan atau pereda rasa sakit, bila diperlukan. Maksimal satu minggu, hingga rasa sakit mereda.
  4. Istirahat cukup. Jangan melakukan gerakan yang membebani otot bagian dada, selama minimal dua minggu.
  5. Olah raga sebaiknya juga dihindari untuk sementara waktu, dan boleh dilakukan lagi setelah rasa sakit benar-benar hilang atau sembuh.
  6. Tidur dengan posisi telentang lebih dianjurkan, karena membuat posisi tulang rusuk tetap pada posisi sama ketika duduk, ataupun berdiri.
  7. Jika rasa sakit semakin kuat saat tidur, lakukan posisi tidur seperti sedang duduk. Saat ingin melakukan gerakan biasanya timbul rasa nyeri pada bagian yang sakit, untuk menghindari rasa sakit, tarik nafas dan tahan untuk beberapa detik pada saat bergerak, kemudian hembuskan perlahan melalui mulut setelah pergerakan berhenti.
  8. Jangan memasang ikatan apapun pada bagian dada yang sakit, untuk wanita BH yang kencang sebaiknya dihindarkan untuk sementara waktu, hingga rasa nyeri benar-benar hilang.
Semua hal di atas bila pasien melakukan dengan baik dan benar, maka minimal sepuluh hari atau dua minggu akan perlahan sembuh atau minimasl mereda rasa sakitnya. Namun bila tetap terasa nyeri silahkan konsultasi ke dokter Anda. Yang Penulis alami di minggu kedua akhir, rasa nyeri sudah hilang dan bisa kembali melakukan gerakan yoga dan senam.

Semua ada tahapannya, tidak bisa tergesa-gesa untuk cepat kembali normal. Perlakukan tubuh Anda dengan baik untuk mempertahankan kesehatan dan menghindari cedera saat melakukan aktifitas.


Salam,

Tim MamaSeru.-

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment