Wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Tempat wisata menarik di sekitar Labuan Bajo.


Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Labuan Bajo dan berencana untuk menghabisi liburan disana, maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu informasi tempat wisata yang ada di seputar daerah ini, antara lain:

Wisata Pantai dan Laut


Untuk wisata pantai dan laut berikut ini Anda harus menggunakan speadboat atau kapal yang bisa disewa oleh pribadi atau ikut dengan paket wisata setempat yang ditawarkan sebelum atau ketika berkunjung ke Labuan Bajo.

Berikut adalah :


Pulau Padar




Pulau ini menjadi wisaya yang wajib untuk dikunjungi karena pemandangan perbukitan yang dikelilingi oleh laut lepas sangat indah sekali. Anda akan melihat begitu menakjubkannya pemandangan yang akan Anda lihat dari atas perbukitan di pulau padar ini.




Taman Nasional Komodo - Komodo National Park


Jika berkunjung ke Labuan Bajo umumnya orang sangat ingin melihat hewan yang menjadi ikon dari wisata ini yaitu Komodo Dragon, maka tempat ini wajib untuk dikunjungi. Umumnya paket wisata selalu memasukan kunjungan wisata ke tempat ini termasuk pulau Padar, pulau Kanawa serta pantai Pink.





Pulau Kanawa


Pulau yang sangat indah karena pemandangan pantai dengan pasir putih yang berkilauan dan permukaan air lautnya yang sangat jernih, sehingga kita bisa melihat bebatuan serta makhluk laut yang berdiam di dalamnya. Di antaranya ikan hias berukuran kecil dengan berbagai bentuk warna yang indah, starfish atau bintang berwarna biru, tumbuhan serta terumbu karang yang indah dan lainnya.

Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan bulan madu atau merayakan ulang tahun perkawinan berdua saja atau bersama keluarga dan kawan.




Pantai Pink


Jika kamu penyuka wisata pantai, maka jangan lewati pantai dengan pasir berwarna pink atau merah mudah ini. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sini antara lain: menikmati pemandangan pinggir pantai dengan view pasir warna pink, berenang serta kegiatan snorkeling untuk menikmati keindahan alam dalam laut di sekitar pantai pink.



Wisata di sekitar Labuan Bajo


Wisata di sekitar Labuan Bajo  juga menjanjikan pemandangan yang indah dan dapat ditempuh hanya dengan menggunakan kendaraan seperti mobil. Letak tempat wisata satu dan lainnya yang berdekatan membuat kita bisa mengunjungi semua tempat tersebut satu hari dengan catatan jika cuaca cerah.

Berikut ini susunan wisata mulai dari yang jaraknya jauh dari pusat kota hingga yang terdekat serta tempat mana yang terakhir harus dikunjungi secara berurutan.


Air Terjun di Cunca Wulang


Perjalanan menuju wisata air terjun Cunca Wulang membutuhkan waktu sekitar satu jam dari pusat kota untuk sampai ke tempat ini. Dari tempat kita memarkir kendaraan kita masih harus berjalan kaki sekitar lima belas menit melewati hutan dan jembatan berwarna kuning hingga ke air terjun tersebut.

Sepanjang perjalanan pengelola wisata sudah menyediakan  seorang pemandu wisata serta jalan tapak dan tangga berbahan semen dan bebatuan, sehingga kita tidak mengalami kesulitan untuk sampai ke air terjun tersebut.

Pemandangan air terjun yang indah dapat Anda nikamati di sana, jika memiliki waktu cukup serta bit air yang cukup Anda bisa berenang di sana, karena jika musim kemarau maka jumlah air yang berada di sekitar air terjun juga akan berkurang.








Gua Batu Cermin


Setelah berkunjung ke air terjun Cunca Wulan Anda boleh melanjuti kunjungan ke tempat wisata ini atau sebaliknya. Setelah memarkir kendaraan maka Anda harus berjalan kaki hingga ke tempat dimana letak gua itu dilanjutkan dengan menelusuri dalam gua tersebut. Saat melakukan perjalanan wisata Anda boleh menyewa alat dan pemandu wisata yang akan menjelaskan mengenai daerah wisata ini.

Pemandangan di dalam gua ini sangat gelap sehingga jangan lupa membawa senter serta memakai helm pelindung kepala yang sudah disediakan di sana. Di dalam gua Anda dapat menikmati pemandangan dalam gua yang sangat indah serta bebatuan stalakti dan stalakmit dia Goa Batu Cermin. Saat menuju ke gerbang yang membatasi area gua, Anda dapat melihat batu berbentuk jamur yang cukup menarik di sebelah kanan jalan masuk.









Pantai Seputar Labuan Bajo


Sore sebelum senja sebaiknya Anda berkunjung menikmati pantai seputar Labuan Bajo yang tidak jauh dari Bukit Cinta. Banyak pemandangan pantai indah dan Anda juga bisa memarkir kendaraan di tempat aman di dekat pinggir pantai dan menikmati air laut surut sehingga bisa berjalan-jalan di atasnya, jika beruntung bisa bertemu dengan hewan laut yang terjebak di permukaan karena air laut yang sedang surut. Anda juga dapat melihat monyet berkeliaran di tengah hutan dekat pantai tersebut.





Bukit Cinta di Gili Laba - spot asyik menikmati sunset


Semua perjalan Anda sebaiknya sebelum berakhir berkunjunglah ke sini, karena menjelang senja kita dapat menikmati pemandangan sunset atau matahari terbenar dari perbukitan yang terkenal dengan nama Bukit Cinta. Bukit ini memberi pemandangan seputar pantai yang indah, hotel berbintang yang terkenal serta perbukitan yang memiliki warna yang sangat menakjubkan.





Pasar Ikan Labuan Bajo


Anda bisa memanjakan perut setelah menempuh perjalanan wisata seharian di pasar ikan ini. Di tempat ini Anda bisa menikmati seafood atau menu makanan laut ikan, lobster dan sejenisnya dengan harga yang cukup bersaing antara penjual satu dan lainnya.

Tips: pintar-pintarlah memilih tempat dan menawar harga ikan yang akan disantap. Tapi dibanding wisata pasar ikan di Bali tempat ini cukup bersaing dalam memberi harga.








Catatan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk masuk ke tempat wisata tersebut di atas, serta uang tip untuk pemandu wisata.

Semoga informasi di atas berguna bagi para pembaca semua.

Selamat menikmati liburan di Labuan Bajo!


MDewi

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment