Memakai BH di Masa Work From Home - WFH, Perlukah?

Dimasa pandemi corona atau Covid -19,  telah memaksa para wanita untuk lebih banyak berada di rumah atau bekerja dari rumah terutama untuk para wanita karir atau yang bekerja kantoran, perlukah para wanita ini tetap menggunakan BH atau Bra saat di rumah?


pic.fr google

Masa Karantina Pandemi Covid-19

Masa karantina sudah berjalan kurang lebih tiga bulan, hal ini bisa menimbulkan perubahan gaya hidup seseorang dari sebelumnya, di antaranya para wanita. Jika dulu sebelum pandemi, mereka selalu harus bersiap diri sebelum melakukan aktifitas di luar rumah, namun sekarang hanya dengan menggunakan baju tidur mereka bisa langsung berada di depan komputer dan menjawab telepon yang masuk tanpa perlu berganti baju, apalagi menggunakan bra.

Work from home atau bekerja dari rumah sebenarnya membuat kita semua menjadi lebih mudah dan lebih santai dalam menjalani aktifitas harian. Mungkin Anda satu dari banyak wanita yang memilih tidak menggunakan bra selama berada di rumah di masa pademi ini, namun pertanyaannya apakah kebiasaan ini membawa efek yang tidak baik bagi tubuh, khususnya bagian payudara. Informasi dari seorang dokter kosmetik di Jerman mengatakan, jika tidak menggunakan bra dapat meningkatkan ketegangan di bahu Anda, terutama bagi yang memiliki payudara berukuran besar, karena anatomi tubuh mereka cenderung menggantung menarik ke bawah. Hal ini membuat bahu maju sehingga mengakibatkan leher, bahu dan punggung atas tegang. Menariknya, Anda mungkin tidak menyadari hal tersebut, menganggap ketegangan pada bagian tersebut disebabkan hal lain, bukan karena tidak menggunakan bra dimasa WFH atau selama berada di rumah untuk jangka waktu tersebut.

Kenikmatan tidak perlu menggunakan bra untuk jangka waktu tertentu seperti dimasa pandemi ini mungkin mendatangkan kenikmatan tersendiri, perasaan bebas dari ikatan tali bra yang selama ini melingkari tubuh yang kadang membuat dada sesak, bahkan kadang sulit bernafas. Jadi Anda merasakan seolah lebih banyak keuntungannya dari pada kerugiannya dengan tidak menggunakan bra. Anda juga bebas melakukan aktifitas di rumah dan duduk bekerja di depan komputer tanpa perlu menggunakan bra, semua kenikmatan tersebut membuat lupa akan rasa sakit atau ketegangan yang ditimbulkan pada bagian tubuh yang diakibatkan tidak memakai BH. Rasa sakit meningkat secara perlahan dan tidak terasa, karena selama berada di rumah Anda mungkin tidak melakukan banyak gerakan, hanya duduk dari sofa, tempat tidur dan berpindah ke meja kerja dan terus berulang. Sehingga kosekuensi tidak memakai bra selama masa WFH atau bekerja di rumah ini tidak terlalu terasa. Tidak seperti saat Anda berolah raga tanpa bra, maka biasanya timbul rasa sakit terutama jika melakukan gerakan melompat, lari, seperti jika melakukan olah raga aerobik.

Dampak positif dan negatif jika kita membiarkan payudara kita melorot

Bagi Anda yang memiliki payudara besar mungkin dampak akan terasa jika untuk waktu lama tidak menggunakan bra, payudara terlihat  semakin melorot.  Bagaimana dengan mitos yang mengatakan bahwa menggunakan bra bisa meningkatkan resiko kangker payudara, pendapat ini tidak benar. Rumor tersebut berasal dari studi kasus yang terjadi pada tahun 1990 bahwa wanita yang tidak memakai bra memiliki kecenderungan terkena kangker payudara lebih rendah dari pada yang memakai. Padahal mungkin banyak wanita ini memilih untuk tidak menggunakan bra karena payudara mereka kecil, bukan karena adanya resiko terkena kangker.

Studi kasus tahun 2014 dilakukan kembali dan menunjukan bahwa bra tidak mengakibatkan timbulnya penyakit kangker payudara. Bra hanya sebagai kelengkapan bagi seorang wanita. Tidak ada alasan untuk menganggap bahwa resikonya akan lebih tinggi jika wanita menggunakan bra, Dr. Bryan P Schneider, profesor onkologi di Pusat Kanker Bren Simon di Universitas Indiana. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kesehatan payudara Anda dalam hal ini.

Seorang dokter ahli berpendapat bahwa penggunaan bra untuk mencegah kulit dan bentuk payudara kendur, terutama bagi mereka yang memiliki payudara besar. Pada saat yang sama dokter ini memberikan  informasi ke sebuah penelitian di Perancis dari 2013 bahwa menggunakan bra dapat meningkatkan kemungkinan payudara kendur. Yang benar menurutnya adalah seiring bertambahnya usia, payudara wanita kemungkinan akan melorot lebih dari sebelumnya, dengan memakai atau tidak bra seumur hidup, karena sebenarnya telah terjadi peregangan alami pada jaringan ikat di dada wanita.  Kesimpulannya: dua, tiga bulan atau selama masa pandemi ini, bila Anda tidak menggunakan bra, tidak akan membawa perubahan besar bagi payudara. Keputusan ada di tangan Anda mau memakai atau tidak, kecuali karena ada alasan khusus  harus menggunakan misalnya karena sebuah operasi yang mengharuskan memakai BH selama di rumah.

Sebenarnya kita para wanita diberi kebebasan untuk melakukan hal yang sekiranya membuat kita sukacita selama menjalani masa pandemi yang mengharuskan kita lebih banyak  berada di rumah saja untuk jangka waktu tertentu. Kita bekerja dari rumah sehingga bebas tidak memakai apa yang sekiranya membuat kita merasa kurang bahkan tidak nyaman, seperti bra salah satunya. Mungkin ini saatnya bagi Anda yang memiliki payudara besar atau kecil untuk memperlakukan payudara Anda sesukanya, namun dengan cara yang menurut Anda aman, nyaman tanpa perlu khawatir akan mengendur hanya dalam waktu singkat. Namun bagi yang memiliki payudara besar jika merasa kurang nyaman tanpa bra untuk jangka waktu lama, maka gunakanlah bra disaat Anda merasa perlu untuk menggunakannya.

Salam



CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment