Wisata Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur.

Pulau yang tidak kalah indah dengan pulau lain yang ada di Indonesia.




Suatu pagi, saya mengajukan usulan kepada suami untuk pergi berlibur ke Pulau Derawan dekat dengan kota masa kecil saya Balikpapan, Kalimantan Timur. Sebenarnya bukan kali ini saja saya ingin berkunjung ke pulau yang terkenal dengan hewan Turtle atau Penyu ini, namun keinginan itu sering terhalang oleh kurang lengkapnya informasi mengenai bagaimana cara ke sana dan wisata apa yang ditawarkan.




Setelah berhasil mengumpulkan banyak informasi yang kami perlukan dari berbagai sumber baik yang ada di website serta dan beberapa kawan yang pernah berkunjung ke sini, akhirnya kami putuskan untuk pergi.

Bandar Udara Kalimarau Berau




Berangkat dengan menggunakan pesawat terbang dari Jakarta menuju Balikpapan kemudian penerbangan dilanjutkan ke kabupaten Berau, Kota Tanjung Redep, Kalimantan Timur. Berikutnya kami harus menggunakan trasportasi darat kurang lebih 2 jam menuju ke dermaga penyebrangan, terakhir menggunakan speedboat sekitar 20 - 30 menit menuju pulau nan cantik ini. Semua transportasi dan hotel sudah kami pesan jauh-jauh hari.




Perjalanan memang sedikit melelahkan, terutama jalan darat karena ada beberapa bagian jalan yang belum selesai pembangunannya saat kami berkunjung, ditambah minimnya tempat pemberhentian yang disediakan untuk sekedar beristirahat atau ke toilet. Namun segala lelah itu terbayar setelah melihat  indahnya pemandangan Pulau Derawan dan sekitarnya.





Kami diturunkan tepat di dermaga tempat kami  akan menginap. Bersyukur tempat penginapan kami cukup terbilang bagus dan bersih sehingga selama disana kami merasa sangat betah. Kami bisa duduk di teras depan kamar atau dermaga penginapan sambil memandang pemandangan laut lepas yang indah, tidak jarang kami melihat penyu berenang melewati tempat di sekitar kami tinggal.


WISATA PULAU DERAWAN

Seminggu disana banyak kegiatan yang kami lakukan, bukan hanya berkunjung ke pulau sekitarnya tetapi juga menjadi bagian dari pulau tersebut, bergabung dengan turis baik dalam dan luar negri serta masyarakat sekitarnya.


Berikut rangkuman tempat tujuan wisata pulau yang bisa dikunjungi selama disana:

Pulau Derawan




Pulau Derawan kami pilih sebagai tempat kami menginap selama disana, juga menjadi salah satu tujuan wisata. Di pulau ini kita dapat menikmati pemandangan lautnya yang begitu indah serta bermain di pantainya, menyelam, snorkeling dan kita juga dapat mengelilingi pulau dengan menggunakan sepeda, berjalan kaki atau jogging mengelilingi pulau ini. Di sepanjang jalan di pulau tersebut kita dapat menemukan banyak rumah makan, warung penjual bahan makanan, sovenir, serta tempat yang menawarkan paket wisata mengunjungi pulau terdekat, seperti : Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban serta Pulau Gusung Sanggalau. Semua pulau ini dapat dikunjungi satu hari dengan menyewa boat berukuran besar atau kecil. Di malam hari kita bisa menikmati penyu bertelur di pantai tidak jauh dari salah satu hotel di pulau tersebut.


Penduduk di pulau ini sangat ramah banyak dari mereka juga pendatang dari kota atau pulau terdekat bahkan beberapa dari negara tetangga terdekat yang sudah pindah menetap sejak turun temurun dan menjadi warga negara Indonesia, para pengunjung atau turis sangat mudah berbaur dengan mereka yang umumnya sangat ramah dan terbuka. Rata-rata mata pencaharian para penduduk disini nelayan dan pengusaha kecil seperti membuka penginapan, rumah makan atau warung, serta menawarkan paket-paket dan keperluan wisata kepada para turis yang datang. Jika pagi atau sore hari kita akan melihat penduduk duduk santai di depan rumah mereka, anak-anak bersepeda, bermain dan penjual buah keliling yang menjual buah-buah khas daerah setempat seperti buah lai, durian, langsat, pisang serta kue-kue tradisional yang sederhana, murah dan lezat.



Pulau Maratua

















Pulau Maratua letaknya tidak jauh dari pulau Derawan. Pulau ini merupakan pulau premium, terbukti dari tempat menginapnya yang lebih mahal dari pulau lainnya. Kita bisa terbang dengan pesawat langsung ke pulau yang memiliki lapangan terbang sendiri. Pemandangan di pulau ini sangat indah sekali, serta banyak pemandangan dalam laut yang kita bisa lihat dari permukaan laut di dermaga.


Pulau ini cukup bersih karena dikelola dengan sangat profesional dan beberapa tanah pemiliknya adalah perusahaan dan perorangan. Menginap di sini sungguh nyaman, sangat cocok untuk pasangan yang baru menikah yang akan menjalani bulan madu.


Pulau Sanggalaki


Setelah Maratua bisa berkunjung ke Pulau Sangalaki. Di pulau ini kita bisa mengunjungi peternakan atau penangkaran penyu yang dikelola oleh pemerintah setempat. Mereka melakukan dengan sangat profesional sekali, telor penyu yang belum menetas mereka taruh di sebuah tempat khusus sehingga jauh dari orang berlalu lalang, setelah menetas maka akan di pindahkan ke kolam, dari situ mereka akan berusaha dibantu untuk bertahan dari seleksi alam.


Pulau ini juga tidak kalah indah, hanya sayang banyak sampah plastik sisa pengunjung ditemukan ketika berkunjung kesana dan sangat mengganggu pemandangan di pinggiran pantainya.


Pulau Kakaban




Pulau berikutnya Kakaban, pulau yang sangat menarik karena di pulau ini kita bisa melihat sebuah danau di tengah pulau yang dikelilingi dengan laut. Di danau ini kita bisa snorkeling dan menyentuh dengan pelan ubur-ubur yang ada di dalam perairan tersebut yang jumlahnya sangat banyak dengan berbagai ukuran. Ubur-ubur ini sangat ramah sekali dan tidak menyerang, diharapkan saat menyelam harus berhati-hati dengan gerakan tubuh kita agar tidak membuat tubuh binatang halus nan lembut ini hancur karena terbentur atau tertendang oleh bagian tubuh manusia.



Pulau Gusung Sanggalau



Pulau ini bisa menjadi yang terakhir dikunjungi. Pulau Gusung Sanggalau ini mirip pulau pasir atau pantai di tengah laut seperti yang ada di pulau Maldives, menurut saya. Namun kekurangannya pulau cantik ini permukaannya banyak ditemukan sampah antara lain sampah plastik bekas bungkus makanan, piring dan gelas kopi dan mie rebus, karena ada penjual yang membawa dagangannya ke pulau pasir di tengah laut ini, tanpa disediakan kantong plastik untuk menampung sampah sisa pengunjung. Sangat disayangkan karena menurut saya pulau ini merupakan aset pariwisata yang sangat luar biasa indahnya.


Selama berkunjung dari pulau satu ke lainnya, jika beruntung kita dapat menemukan ikan pari atau ikan Manta yang berukuran cukup besar berenang di permukaan laut yang kita lewati.  Kita bisa mengambil foto ikan ini dengan menggunakan drone.




Kunjungan ke Pulau Derawan ini kami selalu dimanjakan dengan menu hidangan laut yang sangat enak oleh warung makan setempat yang mengelola makanan dengan sangat profesional sekali. Kita juga bisa menemukan warung penjual gado-gado yang enak rasanya serta minum air kelapa segar sepuasnya.

Berikut kue tradisional terkenal di daerah ini yaitu kue Sarang Semut



Silahkan merencanakan liburan bersama orang terkasih, mungkin pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata berikutnya. Semoga informasi di atas berguna.


"Berbagi adalah Berkat"



-Mdewi-

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment