Penulis Sesungguhnya

Penulis sesungguhnya adalah seseorang yang benar-benar menulis. Bukan seseorang yang hanya berpikir akan menulis dan berbicara tentang keinginannya menjadi penulis. Tetapi seorang yang memutuskan untuk menulis sebuah kalimat bahkan paragraf di atas selembar kertas dan seterusnya hingga menghasilkan sebuah tulisan.

google

Pada dasarnya penulis adalah seorang yang melakukan pekerjaan menulis yaitu menuliskan rangkaian kalimat, hal itu itulah yang dilakukan penulis.  Mungkin ia tidak ingin hasil tulisan itu dibaca atau dilihat oleh orang lain atau memutuskan untuk menyimpannya sendiri. Ini bukan masalah. Karena tujuannya hanya ingin menulis atau menumpahkan pemikirannya. Yang terpenting ia sudah melatih diri atau membiasakan diri sebagai seorang penulis. Setiap hari minimal 10 menit.


Setelah mengetahui siapa itu penulis, mulailah berlatih:

  1. Ambil beberapa menit sesuka Anda, misalnya 5 menit atau selama yang Anda inginkan. Sebaiknya latihan pertama tidak perlu terlalu lama, dikhawatirkan justru akan merasa terbebani;
  2. Mulailah menulis di atas kertas atau pun komputer atau apa pun media yang bisa digunakan untuk menulis, telepon genggam sekali pun bisa. Tulis apa saja yang Anda mau;
  3. Setelah itu berpikir,  apa yang Anda rasakan saat sedang menumpahkan pikiran atau ide. Kata-kata atau kalimat apa yang muncul. Apakah Anda sadar saat sedang menulis atau bahkan tanpa sadar keluar rangkaian kata dan kalimat begitu saja. Bagaimana kalimat itu datang dalam pikiran Anda.
  4. Lakukan berulang terus tiap hari, jadikan kebiasan.

Selalu ingat tidak ada yang salah atau benar. Sering  seorang merasa kurang yakin bahkan merasa salah dengan apa yang telah ia tuliskan. Yang penting teruslah berlatih atau melakukan kegiatan menulis, tanpa perlu merasa tidak yakin, karena dengan berlatih akan membuat kita semakin yakin sebagai seorang penulis.

Selamat menjadi penulis!








CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment