Cara singkat memiliki Online Shop atau Toko Online

Banyak orang ingin memiliki atau membangun sebuah bisnis di dunia internet marketing, namun tidak mengerti bagaimana cara memulainya? Saya pun pernah menghadapi kendala  seperti ini. Untuk membangun sebuah bisnis di dunia internet marketing, Anda wajib memiliki sebuah blog atau toko online.

Mengapa kita harus memiliki toko online sendiri?

karena dengan memiliki Toko Online sendiri atau saya singkat disini TO untuk memudahkan saya dan Anda mengingatnya, akan meningkatkan kredibilitas atau membangun brands yang akan kita perkenalkan.

Saya akan memberikan gambaran yang umum dan mudah bagi pemula untuk memiliki TO dengan Mudah, Cepat dan Praktis.

Apakah hanya melalui TO kita bisa memulai bisnis di internet marketing? Jawabannya tidak!  Anda bisa memulai bisnis internet marketeing melalui banyak media sosial yang sudah ada saat ini, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sejenisnya atau bahkan bisa menumpang lapak di banyak website atau blog yang sudah menyediakan secara gratis seperti Amazon, Kaskus, eBay dan sejenisnya. Semuanya bisa membuahkan atau mendatangkan pemasukan, tapi kuncinya Anda harus rajin untuk mempromosikan dan merawat TO tersebut.

Bila demikian pertanyaannya, apakah saya tetap perlu memiliki sebuah TO? 

Sebelum menjawab perlu atau tidak perlu, saya akan memberikan sebuah ilustrasi terlebih dahulu. Banyak orang memiliki TO di medsos tapi apakah cukup, karena dengan semakin terkenalnya TO atau Brand yang Anda miliki, maka dibutuhkan suatu tempat yang khusus untuk menjual Brand milik Anda. Mengapa? karena disitulah Anda dengan bebas memajang semua produk yang dimiliki sebanyak dan selama apa pun yang dikehendaki, tanpa perlu membayar biaya sewa karena produk yang di taruh di TO tersebut. Ibaratnya Anda pemilik sebuah toko  sendiri, namun ini Toko Online. Bagaimana menarik sekali, bukan?

Sehingga keuntungan yang didapatkan, bukan hanya dalam bentuk uang saja tapi, bisnis semakin maju dan brand Anda semakin terkenal di masyarakat.

Memiliki Toko Online perlu atau tidak, Anda yang akan mengetahui dengan melihat keseriusan diri untuk menjadi seoranf internet marketer atau tidak? atau hanya untuk sekedar memiliki sebagai sarana untuk menulis tentang diri Anda atau apa saja, semua bisa dilakukan. Jika Anda merasa media sosial yang ada selama ini sudah cukup, maka tidak perlu memiliki TO khusus, tapi jika merasa ingin mengembangkan bisnis Anda hingga menjadi besar dan meraup keuntungan yang diharapkan, maka saya menyarankan untuk memiliki sebuah Toko Online sendiri.

Bagaimana cara memiliki Toko Online

Bagian ini yang terpenting mengenai cara memiliki TO dengan cara mudah, cepat dan praktis, karena tidak setiap orang mengetahui dan mengerti. 

Di sini tugas saya akan membantu Anda yang ingin mempelajari dan mengetahui cara membangun sebuah Toko Online atau Online Shop. 

Sesungguhnya ada dua pilihan yang ditawarkan, antara lain:

  1. Anda bisa membayar jasa untuk membantu membangun sebuah Toko Online tanpa perlu mempelajari khusus atau,
  2. Anda mempelajari sendiri melalui artikel yang saya tulis ini pasti sangat membantu.
Jika Anda tartarik untuk pilihan yang pertama, dapat menghubungi saya di email mariaedric48@qmail.com dengan senang hati akan membantu.

Ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk membangun TO sendiri. Kali ini saya akan menggunakan Blogspot sebagai langkah utama untuk membangun sebuah TO. Blogspot adalah salah satu tempat yang bisa kita gunakan untuk membangun TO milik kita dan merupakan produk yang ditawarkan oleh Blogger yang merupakan bagian dari Google. 

Langkah tersebut, antara lain:

1. Membuat Blog di Blogspot.

Ada yang bingung apa blog? Blog itu bisa juga disebut dengan nama lain yaitu website yaitu sebuah tempat untuk melakukan banyak hal sesuai peruntukan atau tujuan yang dinginkan, salah satunya adalah membangun TO ini.

Hal penting pertama adalah memilih Tittle atau judul dan URL yang sesuai dengan nama produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.  Misalnya jika menjual baju maka title dan judul URL disesuaikan dengan baju seperti ‘bajuwanita’ atau ‘menjualbajudanpernakperniknya’ dan sejenisnya.

Untuk cara membuat blog di blogspot Anda bisa lihat penjelasan saya di bawah.

Membuat Blog ada dua pilihan jenis yaitu
  1. Blog gratisan,
  2. Blog berbayar.

Dimana perbedaanya? sebenarnya sudah sangat jelas dengan kata gratisan dan berbayar. Yang satu tidak mengeluarkan uang atau fee sementara yang kedua kita harus membayar fee untuk memiliki blog sesuai keinginan kita.

Jelas bukan? jika

  1. blog gratisan maka nanti nama URL blog Anda akan tetap ada embel-embel blogspot. misalnya www.bajuwanita.blogspot.com.
  2. blog berbayar maka nanti nama URL blog Anda TIDAK ada embel-embel blogspot misalnya www.bajuwanita.com

Apa pun pilihannya Anda yang menentukan semua disesuaikan dengan tujuan visi dan misi membangun TO bisnis tersebut.


2. Penuhi Kebutuhan Mesin

Mungkin kamu bingung dengan langkah kedua ini karena terutama bagi yang baru berkecimpung di TO ini. Dalam internet marketing sering disebut sebagai SEO atau Search Engine Optimization. 

SEO adalah sebuah cara atau trik agar nama Blog atau website Anda berada di ranking pertama atau minimal berada di halaman pertama mensin pencari di Google. Sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan Anda.

Mengapa Google? 

karena saat ini mesin pencari Google yang paling berkuasa atau paling banyak digunakan oleh pengguna atau pencari informasi di internet. Google sangat memonopoli diikuti oleh searc engine lain seperti Firefox, Safari dan seterusnya.

Kembali ke SEO. Membangun TO tapi tidak mengupayakan SEO-nya, maka akan sedikit sekali pengunjung yang akan berkun jung ke TO Anda alias SEPI pengunjung.  Akibatnya sudah pasti transaksi yang diharapkan tidak tercapai. Artinya TO dan SEO adalah satu paket yang tidak dapat dipisahkan. Melalui SEO Anda memberi tahu bahwa TO Anda eksis dan dapat ditemukan dengan mudah, seperti perkenalan sebuah Toko Online atau Brand Anda.

Apa yang dibutuhkan oleh mesin agar TO yang dibuka bisa dikenal?

Dikarenakan Google mendominasi sebagai mensin pencarian, maka kita wajib mengikuti apa yang disyaratkan oleh mesin pencari ini. Di Google kita bisa membedakan tiga warna yaitu:
  1. Biru > Untuk Title/ Judul blog
  2. Hijau > Untuk URL/ alamat blog
  3. Hitam > Untuk Deskripsi/ Penjelasan blog

lihat gambar 



Step penting untuk menampilkan Title/ Judul, URL/ alamat dan diskripsi/penjelasan mengenai isi blog Anda, sehingga memudahkan pengunjung mengerti dengan jelas apa yang ditawarkan oleh blog atau website Anda.

1. Setting Judul dan  Penjelasan Blog

Untuk membuat Title dan Diskripsi maka yang harus  dilakukan adalah:

Masuk ke menu dasbord blogger, klik Setelan, kemudian kita klik lagi ke menu Dasar.

Jika Anda masuk ke dasbord blogger maka akan muncul gambar atau bentuk seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik ‘setelan atau setting’ 




Akan keluar beberapa kolom kosong yang wajib  diisi antara lain > lihat panah merah Contoh gbr. :

Judul atau Title :   Belanja Kontan
Deskripsi atau penjelasan :   Dapatkan informasi seputar….
URL atau alamat blog : belanjakontan.blogspot.com 

Sewaktu-waktu pengisian ini bisa dirubah sesuai keinginan Anda. Tiga hal ini, penting sekali  karena untuk memudahkan pengunjung menemukan blog Anda di mesin pencari Google. Sehingga bila sudah yakin dan tidak ingin alamat URL Anda di ambil oleh pihak lain segeralah membeli domain atau nama alamat tersebut ke pihak yang menyediakan jasa pelayanan penjualan domain. 

Apakah Domain? lihat penjelasan di page berikutnya.

2. Memilih dan mengatur template untuk penampilan blog 

Pemilihan template adalah hal yang sangat penting. Mengapa? karena pengunjung akan tertarik berkunjung atau kembali bertamu ke blog atau toko online bila penampilannya menarik. Bahkan bila mungkin menjadi pelanggan di blog Anda.

Blogger menyediakan pilihan template tapi sangat terbatas, namun untuk pemula yang ingin cepat memiliki blog atas nama sendiri, maka template yang disediakan di blogger cukup bagus.


Klik Template, maka akan muncul > lihat gbr.




Tampak berbagai macam pilihan template yang bisa kamu pilih lihat tanda panah dan ke bawahnya. Pilih sesuai dengan keinginan Anda. Bagaimana cara mendisain akan saya jelaskan artikel mempercantik template Anda

Untuk mengganti template kamu tinggal klik di gambar template yang banyak tersedia di blogger. 




Pilih yang sesuai keinginanmu, kemudian terapkan ke blog dan langsung berubah.





hasilnya

Hindari untuk mengganti template Anda, apalagi jika sudah di SEO di Google karena akan menyulitkan pelanggan Anda untuk mengenali blog Anda.

Bagaimana jika tidak berminat dengan template yang ada, maka Anda bisa menggunakan template di luar blogger. 

Ada berbagai pilihan template antara lain :

  • Free Template
  • Berbayar Template

untuk dua hal ini saya akan jelaskan di artikel berikutnya.

Hal paling penting untuk memiliki sebuah blog sudah dijelaskan di atas, Anda tinggal mulai mengisinya sesuai dengan deskripsi yang dijelaskan. Lihat penjelasan di artikel berikutnya cara mengisi blog Anda.

Terima kasih sudah mampir ke blog ini.

Salam

MamaSeru

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment