Musium Coklat di Koln, Jerman


Patung Coklat gbr.1

Siapa yang tidak menyukai jenis makanan atau minuman coklat? Hampir semua orang menyukai coklat yang rasanya lezat itu. Coklat disajikan dengan berbagai macam bentuk, seperti permen coklat, kue coklat bahkan minuman coklat. Kali ini saya memperoleh kesempatan untuk berkunjung ke musium coklat yang memiliki merek cukup terkenal di dunia. Musium ini tarletak di kota Köln, Jerman.


Saya berkunjung pada hari sabtu, bulan Desember 2016 disaat musim dingin. Saya berkunjung ke kota yang terkenal dengan pula bangunan gereja katedralnya. Saat kami tiba di pelataran musium, tampak banyak pengunjung sudah antri di depan loket pembelian karcis. Seperti biasa antrian cukup teratur, tidak ada yang saling menyerobot satu sama lain, meskipun cukup panjang. Harga karcis masuk musium cukup terjangkau, juga ada penawaran khusus bagi para siswa, dengan hanya menunjukan kartu pelajar yang masih berlaku kepada petugas, maka akan memberikan potongan harga khusus. Anda juga dapat membeli karcis melalui online jika tidak memiliki waktu cukup untuk mengantri beli karcis.


Musium terbagi dalam beberapa bagian, anatar lain:
  • Lantai Dasar
  1. Ruang tempat penitipan barang dan jaket plus di sampingnya tersedia kamar kecil.
  2. Toko penjualan souvenir dan coklat dengan berbagai macam jenis bentuk dan rasa.
  3. Ruang informasi mengenai coklat dan dari mana saja asal coklat tersebut. Ada biji coklat produksi dari tanah air kita, Indonesia.
  4. Ruang terbuka khusus yang menunjukan contoh pohon coklat dari berbagai negara.
  5. Ruang pameran alat mesin penghancur biji coklat.
tanaman coklat gbr. 2

  • Lantai Atas
  1. Ruang atas juga dipamerkan mesin pembuat coklat yang sedang mengolah coklat hingga siap untuk di konsumsi dan dipasarkan. Terlihat juga cetakan dengan berbagai macam bentuk.
  2. Ruang produksi coklat.
  3. Ruang menghias atau menyampur coklat sesuai keinginan pengunjung.
  4. Ruang khusus jika pengunjung ingin ikut menghias atau mendekorasi coklat sesuai keinginannya.
proses pembuatan coklat
gbr. 3


Kita juga diberi kesempatan untuk merasakan coklat cair dari sebuah fountain atau air mancur coklat yang masih hangat (gbr.4) Mereka juga menawarkan bagi pengunjung dengan biaya tambahan jika ingin ikut mencetak coklat sendiri dan memilih campurannya.

Chocolate Fountain gbr. 4
Banyak hal menarik yang disajikan di musium coklat ini, bagi saya yang sangat menarik adalah proses pembuatan coklat hingga coklat siap untuk dikomsumsi. Menjadi tujuan liburan anak-anak, pasti sangat menyenangkan dan tidak akan merasa bosan,  karena begitu banyak hal menarik yang bisa dilihat dan dinikmati.

Setelah mengunjungi dalam musium kita juga dapat menikmati pemandangan indah alam pinggiran sungai Rein yang terkenal di Jerman, dari teras musium. Tidak jauh dari situ juga ada beberapa restauran dan kafe yang menjual makanan dan minuman.

Jika di tanah air kita memiliki musium coklat, pasti sangat menyenangkan, karena bisa menampilkan hal seperti yang ada disini, bahkan mungkin lebih bagus dan menarik.

Pencetakkan Coklat gbr. 5


Salam
MDewi



CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment