Cara Mengisi Blog Anda (Bagian Pertama)

Setelah memiliki sebuah blog pribadi, maka sering yang muncul adalah pertanyaan bagaimana cara memulai mengisi blog tersebut.

google

Penulis akan membahasnya menjadi dua bagian dalam artikel ini:

Bagian Pertama 


Berhubungan dengan isi artikel yang akan disajikan dalam blog.

Tentu kita menginginkan agar blog berisi artikel yang berguna bagi para pengunjung dan siapa saja yang membutuhkan informasi sesuai dengan diskripsi atau tujuan dibuatnya blog ini.
Beberapa kendala dalam pengisian blog sering terjadi dikarenakan:

  1. Kurang jelasnya tujuan dibuatnya blog ini. 
  2. Kurannya sumber atau tema penulisan ataupun artikel yang ingin ditulis.
  3. Kurangnya keahlian dalam menyampaikan tulisan yang menarik.

Kali ini saya akan menyampaikan tiga hal tersebut yang sering dihadapi oleh pemilik blog. 

Kurang jelasnya tujuan dibuatnya blog ini.


Saat memutuskan untuk memiliki sebuah blog, sering diawali dengan beragam latar belakang keinginan, antara lain:

  • ikut-ikutan
  • ingin punya saja
  • untuk aktualisasi diri
  • sebagai diary (pribadi ataupun umum bisa membaca)
  • tidak sengaja membuatnya
  • dan lain sebagainya
alasan tersebut akhirnya membuat kita bingung apa yang harus dilakukan dengan blog yang sudah terlanjur  dimiliki. Apakah akan kita isi asal saja alias suka-suka atau dibiarkan begitu saja, bahkan mungkin kita memutuskan untuk menutup saja? Sebenarnya itu merupakan hak bebas bagi yang memiliki blog untuk melakukan apa saja terhadap blog tersebut, namun sangat disayangkan menutup sebuah tempat yang sauté saat dapat berguna dan mendatangkan keuntungan suatu saat.

Mendengar kata menguntungkan mungkin menimbulkan ketertarikan. Menguntungkan seperti apa? sebuah blog akan mendatangkan bukan saja kepuasaan bagi pemiliknya tetapi juga bisa mendatangkan ketenaran jika hal tersebut yang diinginkan, atau lebih dari itu akan mendatangkan pemasukan dalam bentuk uang. Bagaimana caranya? Ikuti artikel berikutnya. Blog dapat mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya.

Isi atau tujuan blog biasanya tertulis di diskripsi yaitu pada saat langkah pertama membuat blog. Diskripsi dapat berubah-ubah, tapi jangan terlalu karena akan membuat kita kurang fokus untuk menulisnya dan mengisinya. Akibat lain dalam mesin pencarian google juga tidak akan mudah terdeteksi oleh pencari informasi.

Sehingga penting untuk menentukan apakah yang ingin kita tampilkan di blog tersebut. Sesuaikan isi dan judulnya sehingga tidak melebar kemana-mana isinya.

Misalnya:


Blog Resep Masakan : maka akan berisi berbagai macam resep, cara memasak, tips seputar bahan makanan, restauran, pasar, produk dan segala sesuatu yang berhubungan dengan tema resep tersebut.

Blog travel atau perjalanan : maka berisi tempat-tempat wisata yang menarik, tips untuk ke suatu tempat atau untuk melakukan perjalanan dengan budget terbatas, do and don't di sebuah negara  atau kota yang dituju, oleh-oleh yang menarik saat wisata di sebuah daerah, pilihan transportasi untuk menuju tempat wisata tersebut dan masih banyak lagi.

Kita dapat juga menggabungkan tema blog kita selama isinya tetap mendukung satu sama lain atau seirama, contohnya:

Blog artikel informasi kepenulisan: bagaimana menghasilkan sebuah buku hingga terbit, atau berbagi pengetahuan mengenai blog seperti yang penulis lakukan sekarang, digabung dengan berbagi informasi mengenaik tempat di mana saya tinggal saat ini, di Jerman. Semua ada hubungan  satu sama lain, sehingga  diputuskan untuk memiliki sebuah blog untuk dapat menyalurkan hobi baru selama tinggal dan menetap di luar negeri. Diantaranya berisi tips menjadi penulis serta pengalaman selama tinggal dan menetap di luar negeri.

Blog juga bisa menjadi tempat jualan atau online shop, tujuan ini bisa menjadi salah satu mesin mendatangkan keuntungan dalam bentuk pemasukan uang.

Jadi begitu penting untuk menentukan di awal, akan berisi atau diisi apa blog kita nantinya. Hal ini akan memudahkan kita dalam memelihara kelangsungannya, karena lebih fokus atau terarah.

Kurannya sumber atau tema penulisan ataupun artikel yang ingin ditulis.


Kurangnya ide dalam penulisan untuk artikel sebuah blog juga diakibatkan dengan hal pertama yaitu tujuan yang tidak jelas. Sehingga akhirnya kita asal menulis dan membuat kita sering mengalami writer's block. Hal ini yang tidak kita inginkan!

Sebenarnya kita tidak perlu muluk-muluk dalam menampilkan sebuah tulisan. Tulisan bisa berisi apa saja, asal masih sesuai dengan tujuan utama blog ini. Sering kita melihat blog tetangga yang begitu bagus dan menarik, terutama berisi tentang liburan ke berbagai tempat yang indah sementara kita tidak memiliki kesempatan sekali pun untuk melakukan perjalanan sejenis tersebut dan layak untuk dibagikan. Ingat, layak atau tidak layaknya bukan kita yang menentukan, tetapi pembaca atau pengunjung, serta bagaimana cara kita menampilkan sehingga menjadi menarik.

Langkah yang harus dilakukan adalah:


  • Temukan tema di sekitar Anda dan tulislah yang belum pernah ditulis oleh blogger lain, atau jika sudah pernah dibahas maka bahas lagi dengan cara yang berbeda dari sebelumnya.

  • Berusahalah untuk menyiapkan waktu tenang, sehingga bisa melihat tema yang menarik yang terlewatkan karena kadang kita sibuk mencari tema yang terkadang di luar kemampuan atau pengalaman yang dimiliki.

  • Tema atau ide tidak perlu yang selalu dialami sendiri, tapi juga bisa dari pengalaman orang lain dan kita coba tulis dan tampilkan dengan cara kita.


Sehingga tidak harus mengalami sesuatu yang spektakuler dan baru kemudian memutuskan untuk menulis, karena akan membuat kita akhirnya berhenti menulis atau pun mengisi karena tidak tahu apa yang akan dibagikan di blog karena selalu mencari kriteria tema yang seperti tersebut.

Kurangnya keahlian dalam menyampaikan tulisan yang menarik.


Penting dan tidak bisa diabaikan bahwa kemampuan untuk membuat pengunjung tartarik untuk membacanya adalah keahlian dalam menulis agar bisa membuat pembaca tertarik dan terus membacanya hingga selesai, bahkan akan kembali mengunjungi blog Anda.

Bagaima agar bisa menyampaikan tulisan menjadi menarik? Baca artikel  - (Silahkan klik ➨ "Bagaimana Menjadi Seorang Penulis" di artikel ini dibahas mengenai tips menghasilkan tulisan yang menarik.

Jika berhasil menaklukan minimal tiga kendala tersebut, maka akan memudahkan dalam mengisi blog milik Anda sehingga dapat menampilkan dan membagikan berbagai informasi yang menarik dan layak untuk dibagikan.


Bagian Kedua 


Berisi tehnik mengisi atau menempatkan tulisan untuk artikel di Blog tersebut.


Silahkan membaca dan mempraktekkannya!



Maria Dewi




CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment