Dampak Sosial Media Bagi Para Pelamar atau Pencari Kerja

Berhati-hatilah dalam penggunaan sosial media,  karena dapat berdampak buruk bagi kehidupan pribadi, termasuk masa depan dan karir Anda.

google

Saya baru-baru ini membaca sebuah artikel di Jerman, bahwa penting untuk berhati-hati dalam bermedia sosial. Informasi ini juga wajib diketahui bagi para pengguna media sosial di Indonesia, terutama yang masih memimpikan karir atau pekerjaan yang menjanjikan. 

Sering kita melihat atau membaca tulisan status seseorang atau pada tampilan foto pada laman media sosial, banyak dari mereka sering tidak memikirkan dampak ke depannya. Baik bagi dirinya, apalagi orang lain, saya sarankan, cerdas lah dalam bersosial media. 


Pintar lah dalam menggunakan media sosial khususnya Facebook. Mengapa Facebook, karena media sosial ini paling lengkap fasilitasnya, serta banyak anggota atau penggunanya dan pengunjungnya.

Profile

Profile adalah bagian yang sangat penting bagi sebuah akun media sosial. Di sini ditampilkan informasi berupa : data pribadi kadang plus ditampilkan foto sang pemilik akun. Pada bagian ini akan banyak informasi yang bisa didapatkan bukan hanya data umum seperti nama dan lokasi tempat tinggal, bahkan kadang data lainnya yang bersifat sangat pribadi.


Siapa yang bisa melihat facebook kita? Siapa saja, yang memiliki urutan pertemanan dengan kita, serta teman kita, bahkan teman dari teman kita. Luas...sekali, bukan!

Menampilkan foto pribadi pada laman pembuka serta lainnya, baik yang dilakukan oleh pemilik akun sendiri atau oleh pihak lain yang menautkan alias nge-Tag nama pemilik akun sehingga otomatis terpampang pada halaman depan atau beranda dari akun tersebut. 


Apakah perlu kita memastikan apa yang akan ditampilkan pada halaman muka akun? Sangat perlu, karena dari situ orang mulai mengenal, bahkan berani menilai siapa diri si pemilik akun. Tampilan wajah dan tulisan seseorang, bagi pengunjung tertentu dapat langsung memberikan kesan atau penilaian bagi wajah difoto atau tulisan yang terpampang pada akun profile.

Apakah Anda mengijikan orang mentautkan nama akun milik Anda, tanpa sepengetahuan atau persetujuan terlebih dahulu? Saya pribadi tidak mengijikan, tanpa persetujuan. Bahkan Facebook sekalipun, telah memasang pilihan bagi pemilik akun untuk mem-filter sebelum tampil di laman pribadinya. Artinya Facebook memberikan kebebasan bahkan perlindungan pada Anda, agar tidak terjadi kesewenangan untuk memberikan informasi apa pun namanya, tanpa persetujuan Anda - pemilik akun.


Bahaya-nya Penggunaan Media Sosial Facebook

Tahukah Anda, saat ini banyak perusahaan atau pemberi kerja mencari informasi pelamar atau calon karyawannya melalui akun media sosial. Jika pelamar adalah orang yang sangat aktif di media sosial dan memiliki banyak teman, bahkan tidak membutuhkan persetujuan untuk masuk ke dalam akun pribadi, maka dengan mudah sang calon bos masuk dan membaca semua informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan wawancara ke jenjang yang lebih serius atau bahkan tidak memberi kesempatan sama sekali untuk wawancara. Pelamar  kadang di posisi tidak mengetahui alasan dibalik penolakan,  tanpa memberi kesempatan sama sekali untuk menjelaskan, apalagi membela diri.  

Dampak Positip Media Sosial 

Di balik dampak negatif, ada  hal postif juga tentunya, yang diperoleh dengan menggunakan secara bijak media sosial. Antara lain, calon perusahaan atau pemilik perusahaan, akan langsung memberikan kesempatan Anda untuk datang ke wawancara atau undangan langsung bergabung dengan perusahaan hanya dengan melihat tampilan atau informai yang diperoleh melalui medsos.  


Saat ini tidak sedikit perusahaan atau para calon atasan menggunakan media sosial untuk menyeleksi pelamar atau calon karyawannya dengan mencari data yang bersangkutan melalui media tersebut. Bisa jadi mungkin yang bersangkutan tertarik dengan melihat berbagai tampilan di Facebook Anda, misalnya memasang banyak informasil hasil pekerjaan atau tulisan pada Facebook dengan mentautkan lebih jauh ke video yang terdapat pada media sosial lainnya seperti You Tube , sehingga yang membaca atau berkunjung tertarik untuk mengenal Anda lebih jauh lagi.

Penutup


Cerdaslah dalam bersosial media, perkenalkan diri Anda sebaik-baiknya sehingga memberikan dampak positif bagi diri sendiri lebih jauh dalam karir pekerjaan, serta orang-orang yang berkunjung ke akun pribadi Anda.

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment