Menariknya Pasar Segar di Jerman

Seperti apa sih pasar segar di Jerman, pasti kamu penasaran ingin mengetahuinya.
Jangan bilang pasar segar hanya ada di Indonesia, Jerman juga memiliki, loh.  Pasar segar atau yang disebut juga pasar pagi yaitu pasar yang hanya ada di pagi atau dini hari, umumnya dimulai pukul enam pagi yang dijual adalah produk yang masih segar alias baru saja di petik atau dipotong dan belum pernah masuk mesin pendingin alias kulkas. Jadi dijamin masih seperti asli belum berubah warna dan rasa.

Di pasar ini pembeli dapat menemukan bahan makanan kebutuhan harian pada umumnya, antara lain  sayuran, buah-buahan, ikan, daging ayam, daging sapi dan bahan makanan produk susu lainnya seperti keju, youghurt. Harga biasanya lebih murah dari harga di supermarket.

Pasar Pagi Jerman

Yang menarik sebelum  diperjual-belikan ada petugas yang menguji, apakah bahan makanan tersebut layak untuk dipasarkan atau dijual ke konsumen. Petugas harus memastikan  bahwa semua produk tersebut baik dan tidak membahayakan untuk dikonsumsi. Pengawasan seperti ini rutin dilakukan dan dijalankan dengan sungguh-sungguh. Mungkin semua negara juga melakukan hal yang sama di daerahnya, termasuk tanah air kita, mungkin yang membedakan adalah di Jerman sangat ketat untuk urusan ini. Pengawasan ini bertujuan untuk melindungi masyarakat baik penjual dan  terutama pembeli karena konsumen  adalah pihak yang paling dirugikan, terutama bila bahan makanan tersebut  tidak layak untuk dikonsumsi. Pembeli bukan saja mengalami kerugian secara materi, tapi juga dapat membahayakan kesehatan dirinya bahkan keluarga. Seperti mengalami diare setelah mengkonsumsi makanan tersebut atau timbul alergi yang berlebihan dan sebagainya.

Berwarna, Segar dan Renyah

Bagaimana reaksi Anda jika menemukan wortel yang masih menempel daunnya, juga tomat dengan batang dan daunnya, kentang yang masih terlihat tanah menempel, asparagus, serta buah anggur, apel, stroberi, pisang yang masih cerah warnanya renyah dan kenyal saat digigit. Pasti akan senang sekali, bukan?

Ada yang lebih menarik di beberapa daerah di Jerman dimana sebagian besar hasil pertanian bahkan dibiarkan tanpa menggunkana pembungkus plastik atau menggantinya dengan kemasan yang ramah lingkungan. Mereka terutama  para konsumen, sangat sadar untuk memperhatikan keselamatan dan keamanan lingkungan tempat tinggal. Produk Bio juga semakin banyak peminatnya sehingga petugas menaruh stiker berukuran kecil yang menunjukan sertifikasi Bio untuk membedakan dengan produk non Bio.

Urusan transportasi bahan makanan ini juga menjadi perhatian mereka. Petugas bahkan memberikan beberapa tip atau saran kepada konsumen bagaimana cara menyimpan bahan makanan tersebut di lemari pendingin agar tetap aman dan segar saat akan diolah dan dikonsumsi.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk bahan makanan yang akan dijual di supermarket.  Sehingga  sering kita temukan pasar segar ini di berbagai tempat atau pusat kota di setiap kota di Jerman, mereka meletakan produk jualan mereka kadang di depan supermarket tertentu seperti Rewe, Edeka.

Semakin modern sebuah kota atau negara, mereka tetap perlu melakukan pengawasan secara manual langsung di tempat bertujuan untuk memberi perlindungan dan dukungan kepada masyarakat baik produsen maupun konsumennya agar tetap aman, sehat dan sejahtera.



-MamaSeru.-


CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment