Salah Mentransfer Uang

Akibat kurang konsentrasi ketika mengetik tombol angka di komputer, maka yang seharusnya mengirim pembayaran hanya 5 juta berubah menjadi 50 juta.

Apa yang harus Anda lakukan ketika menghadapi masalah seperti yang saya alami di atas? Saya berharap sedapat mungkin Anda  menghindari kesalahan, karena cukup besar resikonya. Anda mungkin akan mengalami kerugian yang seharusnya tidak perlu terjadi atau kerepotan untuk mengurus pengembalian kelebihan uang yang telah dibayarkan.

Pagi itu saya harus menyelesaikan sebuah pekerjaan yang perlu untuk segera dibereskan. Sehingga setelah kembali ke rumah dari urusan tersebut, saya bermaksud melakukan transaksi pembayaran tagihan. Perut lapar dan rasa letih membuat konsentrasi saya sedikit menurun. Biasanya saya melihat ulang setiap angka yang telah saya ketik, namun kali ini hanya mengecek nomor rekening tujuan, tanpa memeriksa lagi jumlah rupiah yang akan ditransfer. Betapa terkejutnya setelah melihat sisa saldo di rekening berkurang sebesar 50 juta, bukan 5 juta yang seharusnya dibayarkan. Rasa panik timbul karena transfer online perbankan tidak mudah untuk dibatalkan dan pasti otomatis sudah terkirim.

Hal yang harus Anda lakukan jika menghadapi hal seperti di atas, selain tetap tenang adalah:

  1. Telepon pemilik rekening penerima atau yang bertanggung jawab atas nomor tersebut, jika merupakan nomor atas nama sebuah perusahaan.
  2. Seteleh menelepon pemilik rekening, mohon kepada yang bersangkuatan untuk mengembalikan selisih pembayaran tersebut. Jika beritikad baik, maka ia akan menuruti. Jika sedikit sulit untuk diajak berkompromi, maka
  3. Telepon Bank tempat kita melakukan transaksi pengiriman untuk membantu proses penyelesaian kesalahan tersebut. Hal ini juga dapat dilakukan, jika kita mengirim ke nomor rekening yang pemiliknya tidak kita kenal dekat. Dengan mengirim email serta bukti transfer yang kita miliki kepada bank tempat kita bertransaksi dan yang menerima pembayaran.
  4. Jika kita melakukan kesalahan ketik, seperti kurang nomornya atau nama tidak cocok dengan nomor tersebut, jangan khawatir karena otomatis akan dibatalkan. Kemudian dalam beberapa hari uang akan kembali dikreditkan ke rekening Anda.
Saya melakukan nomor 1 dan 2  yaitu menelepon teman yang bekerja di perusahaan  atas nama rekening tersebut. Sehinga dengan berkoordinasi dengan mereka, maka uang selisih pembayaran kembali dengan selamat ke rekening tabungan saya. Namun hal ini sempat membuat takut ketahuan patner bisnis, dia tidak akan marah tetapi ini kali kedua saya melakukan kesalahan dalam mentransfer uang, jadi malu jika ketahuan. Belajar dari dua keteledoran tersebut membuat saya menjadi lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan, jangan sampai terulang kesalahan yang sama.

TIPS!

Penting untuk melakukan transaksi dalam keadaan santai dan bebas dari pikiran ataupun tekanan dari berbagai macam perkerjaan atau pihak yang berkepentingan. Pihak di sini orang yang menginginkan kita untuk melakukan transfer cepat, sementara masih cukup tenggang waktu pembayarannya. Abaikan saja tekanan tersebut dan cari waktu yang nyaman untuk melakukan transaksi perbankan. Dijamin Anda akan terhindar dari kesalahan yang tidak perlu terjadi.





CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment